Tidak mudah memang, mewakili aspirasi banyak orang. Akan tetapi jika kita mau sedikit meluangkan waktu untuk bersosialisasi secara langsung dengan para konstituen, tentu, hal tersebut bisa sedikit membuka wawasan kita sebagai anggota DPD RI guna mengetahui apa yang diinginkan oleh para konstituen. Meski tentu saja, tidak bisa 100% untuk merealisasikannya, setidaknya, membuka wacana. Ya, siapa tahu pengganti kita nanti yang akan meneruskan untuk merealisasikan aspirasi itu.

Memotong laju urbanisasi sepertinya sangat mustahil untuk dilakukan, jika, pemerataan pembangunan disegala bidang tidak dilakukan. Belum lagi, terbatasnya kemampuan SDM yang ada untuk mengelola SDA yang ada di suatu daerah. Ditambah kurang informatifnya pemerintah dalam sosialisasi suatu program bahkan bantuan pemberdayaan masyarakat, misalnya. Menjadikan urbanisasi sebagai suatu pilihan untuk merubah tingkat kesejahteraan. Dan hal – hal lain yang bisa disinergikan dengan aparatur pemerintah yang lain agar semua masalah, aspirasi atau program serta kebijakan yang telah diputuskan dan dilaksanakan bisa dijalankan secara efektif.

Pemerataan pembangunan
Sungguh naïf, jika pembangunan sarana dan prasarana hanya difokuskan di kota – kota besar. Oleh karenanya program pemerintah yang telah ada perlu untuk selalu diawasi agar tujuannya tercapai sebagaimana yang direncanakan. Jika perlu mengusulkan kepada pihak – pihak swasta agar CSR yang dikeluarkan digunakan sebagian untuk membiayai pembangunan secara terencana dengan pihak lainnya agar tidak terjadi overlap.

Sebuah jembatan yang menghubungkan dua desa yang belum bisa dimanfaatkan hampir 5 tahun ini

Pelatihan SDM Yang Berkesinambungan
Faktor pendidikan yang rendah adalah masalah selanjutnya yang perlu untuk ditangani secara serius. Dengan digulirkannya pelatihan – pelatihan secara berkesinambungan, yang tentu saja disesuaikan materinya dengan kebutuhan daerah tersebut, pasti dapat meningkatkan mutu SDM dalam mengelola SDA yang ada.

Sosialisasi Program Pemerintah
Sebagai upaya untuk selalu menjaga komunikasi dengan para konstituen, tentunya upaya – upaya untuk tetap menjaga silahturahmi perlu dilakukan bahkan mungkin terus digalakan dengan menyisipkan informasi – informasi yang berguna bagi masyarakat. Semisal, sosialisasi adanya bantuan pemberdayaan masyarakat yang terkadang tidak diketahui baik bentuknya, cara dan proses untuk mendapatkannya.

Menulis
Ini penting dilakukan oleh seorang anggota DPD RI ditengah kesibukannya, karena bisa sebagai media publikasi dan dokumentasi kegiatan yang telah atau akan dilakukan. Tentunya medianya pun bisa beragam dari media cetak dan media elektronik yang saat ini beraneka ragam. Karena tulisan demi tulisan tersebut bisa menjadi indikator yang valid, bahwa seorang anggota DPD RI tidak diam, karena diamnya adalah sebuah pengkhianatan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.Tema: Esquire oleh Matthew Buchanan.

%d blogger menyukai ini: